Halaman

Rabu, 06 Juni 2012

Satuan Kelerengan Persen vs Derajat

Kelerengan (slope) sering dinyatakan dalam satuan DERAJAT dan PERSEN. Kelihatannya mudah sekali mengkonversi antar keduanya. Tetapi terkadang, kita sering tertukar dan salah memberi satuan. Kesalahan yang paling umum adalah bahwa jika kelerengan itu tegak, maka satuannya adalah 90 derajat atau 100%. Kesalahan di sini adalah memberikan angka kelerengan 100% kepada tebing yang menjulang tegak tersebut yang seharusnya ~ persen (tak terhingga persen).

DERAJAT adalah satuan yang mungkin sudah sangat dipahami secara umum. Sangat jarang saya menemukan ada kesalahan pemahaman tentang satuan ini. Jika rata satuannya 0 derajat, jika miring tengah-tengah antara rata dan tegak itu 45 derajat, dan jika bukit terjal satuannya 90 derajat. Lihat gambar di bawah.

PERSEN agak sering salah dipahami. Berapa persen kah 0o, 45o, dan 90o, tersebut? Definisi satuan PERSEN dalam kelerengan adalah tangen dari kelerengan. Kita ambil contoh angka 45o, maka

Atau jika mau angkanya sudah dalam bentuk persen, maka tinggal tambahkan angka 100 pada persamaan di atas menjadi

Dari gambar di atas jelas bahwa kelerengan 45 derajat sama dengan 100%. Dengan formula tangen, kita bisa menghitung berapa persen kelerengan pada satuan derajat seperti pada tabel berikut.

Dari table di atas jelas bahwa angka persen dalam kelerengan mulai dari 0 (nol) sampai tak terhingga. Angka persen dalam kelerengan tidak dibatasi sampai 100% karena angka 100% hanya menunjukan kelerengan 45o. Semoga satuan DERAJAT dan PERSEN dalam kelerengan menjadi lebih jelas. Download tutorial dalam format PDF pada link download di bawah in.

1 komentar:

  1. Maaf sya mau tnya.. Jdi klau dari persen ke derajat bagaimna..

    Dan klau mau mncari beda tinggi

    BalasHapus